Menyiapkan Makanan Sehat Untuk Dikonsumsi Sehari-hari

     Makan merupakan kegiatan memasukkan makanan atau sesuatu yang bertujuan untuk mendapatkan energi dan juga nutrisi entah berupa vitamin, mineral, protein, karbohidrat atau yang lainnya. Oleh karena itu, kita dituntut untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar terpenuhi segala kebutuhan tubuh kita akan nutrisi . Makanan sehat yang kita konsumsi akan menjadi sumber energi untuk melakukan aktifitas sehari hari. Makanan sehat yang kita konsumsi bisa bersumber dari nabati maupun hewani. Sumber makanan nabati berarti segala sumber makanan yang berguna untuk metabolisme tubuh dan berasal dari tumbuhan, seperti sayur sayuran dan buah buahan. Sedangkan sumber makanan hewani yaitu segala sumber makanan yang berasal dari hewan, seperti daging ayam, daging sapi dan masih banyak lagi.



     Selain berguna untuk menjadi energi,  kandungan nutrisi yang baik pada makanan juga dapat diubah tubuh untuk menjaga kesehatan dan stamina kita. Makanan sehat yang kita konsumsi dapat menjaga tubuh dari ancaman berbagai macam penyakit. Seperti saat tubuh merasa kedinginan, kemudian kita mengkonsumsi minuman yang terbuat dari jahe dan tubuh kita akan merasa lebih baik. Itu merupakan contoh kecil dari manfaat makanan sehat yang kita konsumsi, tentu masih banyak jenis makanan dan juga manfaat manfaat baiknya bagi tubuh kita.     Jadi untuk memilih makanan sehat yang berguna bagi tubuh dapat anda simak dibawah ini..    

1.  Konsumsu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan istilah makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan 4 sehat 5 sempurna yaitu makana pokok,lauk pauk, sayur sayuran, buah buahan dan disempurnakan dengan susu.  Dengan rajin mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna ini tentu kebutuhan nutrisi tubuh akan lebih tercukupi.   

2. Memakan Makanan Berwarna Sebelum anda sekalian salah mengartikan makanan berwarna lebih baik simak dulu baik baik. Makanan berwarna yang dimaksud dalam hal ini adalah segala jenis bahan makanan yang memilki warna alami. Karena kebanyakan makanan berwarna memiliki kandungan vitamin c yang berguna untuk menjaga kesehatan dan menjadi antioksidan alami bagi tubuh. Seperti terdapat pada tomat, strawberry, paprika,jeruk dan masih banyal lainnya.    

3. Makanan Yang Mengandung Zink Zink sendiri bermanfaat dalam membantu penyembuhan luka, membantu pertumbuhan sel sel darah, memperkuat antibodi dan juga dapat membantu untuk mengurai karbohidrat dalam proses metabolisme tubuh. Zink biasanya ada pada jamur, hati sapi, bawang putih, daging merah dan mash banyak lainnya.    

4.  Jangan Lupa Mencukupi Konsumsi Air Putih Mengkonsumsi banyak teh atau kopi berbeda dengan mengkonsumsi air putih. Meski anda telah banyak mengkonsumsi minuman seperti teh, anda masih harus mencukupi kebutuhan air putih untuk tubuh.  Delapan gelas merupakan standar untuk dicukupi oleh kita, tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi air putih karena dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Bisa dibaca disini Manfaat Mengkonsumsi Air Putih    

5.  Konsumsi Makanan Makanan Yang Segar Makanan yang segar tentu masih lebih terjaga kandungan nutrisinya, maka dari itu mengkonsumsi makanan yang segar dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan juga dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita . Dan usahakan untuk memasak jumlah makanan yang habis dalam sekali jam makan, maksudnya adalah tidak menyisakan makanan atau lauk karena ketika makanan atau lauk tersebut dipanaskan atau dihangatkan kembali dapat memicu masalah kesehatan bagi tubuh. Bisa dibaca pada artikel Bahaya menghangatkan atau memanaskan makanan yang sudah dimasak    

6. Makan Makanan Yang Berserat Mengkonsumsi makanan berserat akan membantu tubuh entah dalam proses pencernaan dan juga bermanfaat untuk kesehatan . Makanan berserat juga dapat membantu untuk menjaga agar lebih lama merasa kenyang,  makanan berserat juga dapat membantu anda dalam proses diet.    

7.  Jangan Terlalu Banyak Mengkonsumisi Alkohol Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan mabuk dan menimbulkan dehidrasi pada tubuh.  Selain masalah kesehatan, akibat mengkonsumsi alkohol biasanya akan menimbulkan masalah masalah bagi yang meminumnya.    

8. Sebisa Mungkin Hindari Makanan Cepat Saji Dan Snack Atau Makanan Ringan Sibuk dengan pekerjaan bisa saja menjadi alasan bagi anda untuk menghalalkan hal ini. Tapi asal anda tahu, bahan dan juga cara memasak makanan cepat saji belum tentu  sehat, dan kebanyakan tidak sehat. Sedangkan makanan ringan biasanya mengandung MSG yang cukup tinggi.    

9. Makan Sesuai Dengan Kebutuhan Ketika makan sebaiknya disesuaikan dengan aktifitas sehari hari kita. Jika kita membutuhkan banyak energi dalam kebutuhan sehari hari maka kita konsumsi makanan yang bergisi tinggi dan dalam porsi yang sedikit lebih. Dan jika kita hanya memerlukan sedikit energi untuk beraktifitas lebih baik sesuaikan dengan kebutuhan energi yang kita perlukan saja. Untuk lebih mudahnya adalah ketika kita memiliki sisa nutrisi yang menumpuk dalam tubuh, maka nutrisi tersebut akan berubah menjadi lemak, dan lemak dapat menimbulkan lebih tinggi resiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya 


      Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat tentu kita akan memperoleh manfaat yang baik, oleh sebab itu kita harus pandai pandai dalam menyiapkan makanan yang akan kita gunakan sebagai sumber makanan . Karena bisa saja makanan yang kita konsumsi justru dapat memicu masalah masalah kesehatan dikemudian hari . Terima Kasih ...

Komentar